|

Balimau, Kantor Pemerintah Sepi


Limapuluh Kota —Tradisi  potang balimau atau mandi-mandi sehari sebelum bulan suci Ramadhan, membuat kantor-kantor instansi pemerin­tah di Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota terlihat sepi pada Kamis (19/7). Aktivitas pegawai dan pejabat, hanya berlangsung sekitar sete­ngah hari. Setelah itu, mereka sudah meninggalkan kantor.

Di kantor bupati Limapuluh Kota kawasan Sarilamak, Keca­matan Harau, para pegawai dan pejabat terlihat sudah tidak ada di kantor sejak Kamis siang. Mereka umumnya berbondong-bon­dong menghadiri tradisipo­tang balimau di tepian Ba­tang Maek, Nagari Pangkalan, Keca­matan Pangkalan Koto Baru.

Kalaupun tidak menghadiri potang balimau di Pangkalan, para pegawai umumnya me­milih pulang dan berliburan bersama keluarga mereka. ”Ha­bis, mau bagaimana lagi? Te­man-teman sudah pada pulang. Komandan juga sudah be­rang­kat ke Pangkalan. Tidak mung­kin, kami bertahan di kantor. Lagian, kerja tidak terlalu ba­nyak,” ujar sejumlah pegawai kantor bupati.

Tidak hanya di kantor bu­pati, sejumlah kantor pemerin­tah Limapuluh Kota yang berada di Payakumbuh, seperti Bap­peda, Dinas Peternakan, Dinas Sosial Transmigrasi dan Tenaga Kerja, Badan Penanaman Modal dan Pelayan Perizinan Terpadu,  Dinas Pengelolan Keuangan Daerah maupun Dinas Ke­pen­dudukan dan Catatan Sipil, juga terlihat sepi pada Kamis siang.

Lebih dari separoh pegawai pada instansi-instansi tersebut, sudah tidak berada lagi di kantor mereka. Beruntung, masyarakat yang akan berurusan, terutama menyangkut dengan perizinan dan catatan sipil, tidak terlalu banyak yang datang pada hari tersebut.

Sementara di Balaikota Pa­ya­kumbuh, para pegawai terlihat sudah pulang atau mening­galkan kantor sejak Kamis siang. Sebagian di antara mereka, ter­utama pegawai wanita yang su­dah berkeluarga, terlihat ber­be­lanja di pusat-pusat perbe­lanjaan seperti Ramayana, Mega Prima, Niagara, dan pasar Pa­yakumbuh.

Walau pulang lebih cepat dari biasanya, para pegawai di Balaikota Payakumbuh pada Kamis pagi, sempat menggelar acara maaf-maafan. Acara maaf-maafan itu dipimpin Asisten I Setdako Yoherman, Asisten II Benni Warlis, sejumlah staf ahli, Kabag dan pimpinan SKPD. Wali Kota Paya­kumbuh Josrizal Zain, Wawako Syamsul Bahri, dan Sekko Ir­wan­di tidak sempat hadir, ka­rena memiliki agenda penting.



Share this Article on : Share

__________________________________________________________________________

0 komentar for "Balimau, Kantor Pemerintah Sepi"

Leave a reply