|

Payakumbuh Dapat DAK Rp 3,2 Miliar

PAYAKUMBUH, SO--Kementerian Dalam Negeri RI, tahun 2012 ini, mengucurkan bantuan buat Pemko Payakumbuh sebesar Rp 3.328.000.000. Dana alokasi khusus (DAK) itu, diperuntukkan buat pembangunan kantor baru Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPM-PTSP), lanjutan pembangunan Kantor Camat Payakumbuh Selatan dan Kantor Camat Lamposi Tigo Nagori (Latina).

Keterangan Wakil Walikota Syamsul Bahri di Balaikota Payakumbuh, hari ini, bantuan tersebut bukan mengucur begitu saja ke Payakumbuh. "Tapi, berdasarkan proposal yang disampaikan tahun-tahun sebelumnya ke Kemendagri. Karena, ketiga SOPD itu belum mempunyai kantor yang representatif. Kemudian, juga berdasarkan kesanggupan Pemko Payakumbuh menyediakan dana pendamping dari APBD sebesar 10% dari pagu dana yang diperuntukkan buat Payakumbuh", ujarnya.

Dari total DAK Rp 3,2 miliar, plus dana pendamping lebih kurang Rp 350 juta, menurut Syamsul, akan dibangun kantor baru BPM-PTSP, berlokasi di kawasan Pasar Ibuah Timur. Kemudian, lanjutan pembangunan lantai dua Kantor Camat Payakumbuh Selatan dan pembangunan aula Kantor Camat Latina.

Pihak Dinas PU Payakumbuh melalui Bidang Cipta Karya, sekarang ini tengah memproses tender proyek pembangunan prasarana gedung pemerintahan itu. Diharapkan, paling lambat Mei mendatang sudah dimulai pekerjaannya.

Di tempat terpisah, Camat Payakumbuh Selatan Elfriza Zaharman, mengatakan, bantuan DAK Kemendagri itu, membantu mempercepat rampungnya pembangunan kantor camat setempat.

Menurut camat, jika diandalkan lewat dana APBD Payakumbuh, kemungkinan kantor Camat Payakumbuh Selatan, bakal lama rampungnya. “Alhamdulillah, tahun ini bangunan kantor kami sudah kelar”, katanya.

Nada yang sama juga dilontarkan Camat Latina Mardius. Meski sudah punya gedung baru, tapi kantor camat setempat belum punya aula buat pertemuan dengan masyarakat. Selama ini, jika ada kegiatan rapat internal, pihaknya terpaksa memanfaatkan ruangan yang ada, meski sangat sempit sekali.

"Mudah-mudahan, dengan bantuan DAK Kemendagri itu, juga dapat diselesaikan pembangunan pagar Kantor Camat Latina", katanya.



Share this Article on : Share

__________________________________________________________________________

0 komentar for "Payakumbuh Dapat DAK Rp 3,2 Miliar"

Leave a reply