|

Fitma dan Riza Dilepas Secara Adat. Koto Nan Gadang-Aitabik Baralek Gadang


Payakumbuh, Padek—Dua calon pemimpin Payakumbuh, yakni Fitma Indrayani dan Riza Falepi, dilepas ratusan pemangku adat dari dua nagari berbeda, Jumat (25/5) siang. Fitma dilepas dari Balai Adat Nagari Aiatabik di Balai­ja­riang, Payakumbuh Timur. Sedangkan Riza dilepas dari Rumah Gadang Kampai, Pa­sukuan Limo Nan Tujuah, Nagari Koto Nan Gadang, Payakumbuh Utara.

Acara pelepasan Fitma oleh anak Nagari Aiatabik dan acara pelepasan Riza oleh anak Nagari Koto Nan Gadang, dikemas dalam bentuk syu­kuran. Anak Nagari Aiatabik, bersyukur atas ditetapkannya Fitma sebagai calon Wawako pendamping Haji Desra. Se­dang­kan anak Nagari Koto Nan Gadang, bersyukur atas ditetapkannya Riza sebagai Cawako berpasangan dengan Suwandel Muchtar.

Dalam acara di Aiatabik, Fitma Indrayani sebagai Bun­do Kanduang Rajo Luak Limo­puluah yang memiliki tali ke­ke­rabatan dengan Rajo Alam Pagaruyuang, berterima kasih kepada anak Nagari Aiatabik yang telah memberi dukungan kepada dirinya dan Haji Desra, sehingga mereka bisa dite­tap­kan sebagai calon wali kota dan calon wakil wali kota Paya­kumbuh 2012-2014.

”Kalau indak ado mamak-mamak, etek-etek, uwo-uwo, oncu-oncu, odang-odang, amai-amai, kakak-kakak, uwan-uwan, adiak-adiak, urang kampuang sa-Aiatobik dan dunsanak dari sado na­gori di Payokumbuah, olun tontu kami ka tacalon lai. Batarimokasih banyak kami tontang itu. Untuak kamuko, kami yo mintak ditunjuak ajai. Mohon doa restu kato rang kini,” kata Fitma.

Bagai gayung bersambut, tokoh masyarakat Aiatabik H Thaharuddin yang didaulat memberi sambutan, me­nye­but, sosok Fitma sebagai Bun­do Kanduang Aiatabik yang fenomenal. ”Belum per­nah di Minangkabau, Bundo Kan­duang tampil sebagai calon wakil wali kota. Kini, Bundo Kanduang Aiatabik dan pe­waris Rajo Luak Limopuluah tampil, tidak salah bila di­dukung,” ujar Thaharuddin.

Disisi lain, Haji Desra yang hadir bersama istrinya Eva Desra, mengaku terharu de­ngan dilepasnya Fitma oleh anak-nagari Aiatabik. ”Saya berhutang-moral kepada anak Nagari Aiatabik. Utang ter­sebut, akan saya bayar dengan kerja nyata. Pada masa men­datang, anak nagari Aiatabik yang kurang mendapat tempat dalam pembangunan, harus diberi perhatian lebih,” ujar­nya.

Bukan cuma itu, Desra di hadapan pewaris Rajo Luak Limopuluah SA Dt Majo Indo Nan Mamangun, dan Limbago Tertinggi Nagari Aiatabik Da­tuak Rajo Rambayan, me­nga­ku, tidak hanya siap tampil se­bagai calon wali kota, tapi juga sudah siap mundur. ”Kalau dalam tiga tahun, Paya­kum­buh milik kita semua, tak mengalami perubahan, saya siap mundur. Saya siap bikin komitmen moral dengan se­mua stakholders,” ujarnya.

Sementara itu, dalam acara syukuran atas pencalonan Riza Falepi Dt Rajo Ka Ampek Suku sebagai Cawako, ratusan ni­niak-mamak Nagari Koto Nan Gadang dari Pasukuan Limo Nan Tujuah, Pasukuan Ampek Niniak, Pasukuan Sambilan Ampek Parampek dan Pasu­kuan Bodi Chaniago yang ter­gabung dalam Kerapatan Adat Nagari (KAN) Koto Nan Ga­dang, dengan bulat me­nya­takan, mendukung pencalonan Riza Falepi-Suwandel Much­tar.

Kok bulek alah sagolong, kok picak alah salayang. Kok toguah alah bapamocik. Ni­niak-mamak Nagari Koto Nan Gadang basato jo anak-kamanak, mandukung Riza Falepi Dt Rajo Ka Ompek Suku untuk manjadi wali kota di Payokumbuah,” ujar MA Dt Bijo Nan Hitam, niniak ma­mak Pasukuan Limo Nan Tu­juah, selaku si pangka alek.

Ketua KAN Koto Nan Ga­dang EI Dt Rajo Mantiko Alam nampak hadir bersama se­jumlah pemuka adat, seperti H Dt Damuanso, Datuak Gin­do Malano, Datuak Patiah Nan hitam, Datuak Gindo Marajo, Datuak Karayiang, Datuak Majo Sati, dan JB Dt Simulie Nan Pandak. Sebelum acara dititup, JB Dt Simulie Nan Pandak bersama niniak-ma­mak, mendoakan Riza Falepi-Suwandel Muchtar.

”Antarkanlah Riza Falepi Dt Rajo Ka Ampek Suku yang sudah kami musyarawahkan ini, sebagai wali kota Paya­kum­buh, Ya Allah. Antar­kan­lah ia sebagai Wali kota yang amanah, sidiq, tabligh dan fathanah. Wali kota yang tidak korupsi. Tidak mengambil uang negara. Wali kota yang mampu mewujudkan negeri baldatun toyyibatun warobbun ghofur,” ucap JB Dt Simulie Nan Pandak, diamini ratusan niniak-mamak.


Riza Falepi Dt Rajo Ka Ampek Suku didampingi Su­wandel Muchtar, mengaku terharu dengan dukungan yang diberikan niniak-mamak dari seluruh suku di Nagari Koto Nan Gadang. ”Kita juga memohon doa restu kepada pemangku adat dari 7 nagari lainnya di Payakumbuh. Tanpa dukungan dari pemangku adat, kita ini belum apa-apa,” ujar pengusung tagline ‘Ba­samo Awak Bangun Payo­kumbuah’ itu. (pl-1)



Share this Article on : Share

__________________________________________________________________________

0 komentar for "Fitma dan Riza Dilepas Secara Adat. Koto Nan Gadang-Aitabik Baralek Gadang"

Leave a reply