|

Calon Independen Tantang LSM. Desra: Kita Siap Teken Pakta Integritas


Payakumbuh, Padek—Calon wa­li kota Payakumbuh dari jalur in­dependen Haji Desra,  me­nantang balik Forum Mas­yara­kat Peduli Payakumbuh (FM­PP), Aliansi Masyarakat Pa­yakumbuh (AMP) dan Lem­baga Swadaya Masyarakat (LSM) lain­n­­ya, untuk membuat pakta in­tegritas dan kinerja, berisi ko­mit­men memberantas ko­rupsi, me­nurunkan pengangguran dan ke­­miskinan, serta me­­n­ingkatkan pen­di­di­­kan dan ke­sehatan mas­yarakat.

”Kalau diantara te­man-teman Cawa­ko-Cawawako tidak ada yang berani me­ne­­ken pakta inte­gritas dan kinerja ataupun kon­trak politik, saya ber­­sama Fitma In­dra­yani, bundo kan­duang pertama yang jadi calon wa­kil wali kota di Sumbar, siap me­nandatanganinya. Tidak ha­nya dengan FMPP, AMP atau LSM. Dengan segala lapisan mas­yarakat, kita siap bikin pakta in­tegritas,” kata Haji Desra, Se­nin (11/6) siang.

Haji Desra mengaku, saat FMPP dan AMP menggelar dis­kusi bertajuk ‘Mengenal Le­bih De­kat Cawako-Cawako Paya­kum­buh’ di GOR M Yamin Ku­bu­­gadang, Sabtu (9/6) lalu, pi­hak­nya memang tidak bisa ha­dir. Tetapi kehadiran itu bukan berarti karena mereka pengecut ataupun paranoid, sebagaimana tu­dingan yang dialamatkan se­jumlah pihak kepada tiga pasang calon yang tidak hadir.

”Kita tidak takut diskusi. Kita ti­dak takut dikritik. Hanya saja, mo­mentum diskusi itu kurang te­pat. Tahapan kampanye dalam Pil­wako belum dimulai. Kalau kita bicara visi-misi, secara tidak sa­dar, kita bisa menggiring pe­serta diskusi untuk memilih kita. Ini tentu bisa ke ranah pi­dana. Panwas dan Gakkumdu bisa me­nindaknya. Padahal kita su­dah ber­komitmen untuk Pilwa­ko ber­sih dan berkualitas,” kata Desra.

Kendati demikian, pahlawan pembebas lahan untuk ruang terbuka hijau Payakumbuh di Ba­tang Agam Ibuah itu, me­ngaku, tetap menghormati niat baik yang dilakukan FMPP dan AMP dalam mencerdaskan pe­mi­lih. ”Sekarang, kalau FMPP dan AMP merasa kecewa, kare­na tidak ada calon yang mau tan­datangani pakta integritas dan ki­nerja, kita siap untuk me­nan­datangani. Di hadapan no­ta­ris sekalipun, kita siap,” ucap­nya.

Menurut Desra, jauh sebe­lum FMPP dan AMP menyo­dor­kan pakta integritas dan ki­nerja ke­pada para calon, dirinya ber­sama Fitma Indrayani, sudah siap membuat kontrak politik dengan segenal lapi­san mas­yarakat. ”Ka­lau tiga tahun ga­gal da­lam me­mimpin Pa­­ya­kum­buh atau ti­dak ber­h­asil me­wu­judkan hak pu­blik yang dija­min dalam kons­titusi, sa­­ya siap mundur dari ja­batan. Ini bisa dibi­kin ter­tulis,” tegas Desra.

Dalam jumpa pers di Rumah Keber­samaan (sebutan untuk Posko Desra-Fit­ma-red), Desra yang me­­ngusung tagline berbau na­sio­nalis-re­ligus, yakni ‘Satu Un­tuk Se­mua’, menyatakan, bah­wa di­rinya dan Fit­ma Indra­yani, ko­mit dalam ge­­rakan pem­ber­an­tasan ko­rup­si. ”Kita serius me­wujudkan pe­me­rintahan yang bersih dan baik. Pemerintahan yang trans­pa­r­an dan bebas KKN,” ujarnya.

Keseriusan itu, menurut Des­ra, tidak dilakukan dadakan ka­rena ada Pilwako. ”Kita tidak su­ka dengan budaya dadakan. Ko­mitmen kita dalam mem­berantas korupsi, kita buktikan de­ngan tidak pernah menggarap pr­o­yek yang bersumber dari APBD ataupun APBN. Kemu­dian, dalam sejumlah kampanye pemberantasan korupsi, kita juga ikut terlibat aktif. Terakhir, kampanye anti korupsi dilaku­kan Kejari Payakumbuh,” ujar­nya. Karena itu, imbuh Desra, salah-semat kalau ada yang  menggangap ca­wako-cawawako  takut menan­datangani pakta inte­gritas dan kinerja. (*)



Share this Article on : Share

__________________________________________________________________________

0 komentar for "Calon Independen Tantang LSM. Desra: Kita Siap Teken Pakta Integritas"

Leave a reply