|

Ketua PBR Mundur dari Partai Demokrat

Payakumbuh, Padek—Tidak ada yang abadi dalam politik kecuali kepentingan. Petuah itu kembali terjadi di Kota Payakumbuh. Hanya sehari setelah diumumkan sebagai pengurus DPC Partai Demokrat, Ketua Partai Bintang Reformasi (PBR) Yon Alnis, akhirnya mengundurkan diri dari partai berlambang bintang mercy tersebut.


Yon Alnis mengajukan surat mundur kepada Ketua DPC Partai Demokrat Payakumbuh Syamsul Bahri, Rabu (28/3). Surat itu diterima staf sekretariat DPC Partai Demokrat Hendrik Saputra. Yon Alnis saat dihubungi Padang Ekspres membenarkan, bahwa dirinya mengajukan surat kepada DPC Partai Demokrat.


”Saya dulu dihubungi Pak Syamsul Bahri, untuk masuk ke Partai Demokrat. Saya bilang, karena saya ketua partai, saya mau masuk kalau langsung di bawah Pak Syamsul. Kalau dia ketua, saya wakil ketua setingkat di bawahnya. Saya baru tahu masuk kepengurusan Demokrat, saat baca berita koran,” ujar Yon Alnis, Rabu sore.


Yon yang akrab dipanggil Tengku mengatakan, surat pernyataan tidak bersedia dan mundur dari DPC Partai Demokrat juga sudah diserahkannya kepada KPU Payakumbuh. Koordinator Divisi Teknis KPU Maknius AM dan Kordinator Divisi Humas Yuzalmon membenarkan hal tersebut saat dihubungi sejumlah wartawan.


Menurut Maknius, KPU memang telah menerima surat pernyataan tidak bersedia dan mengundurkan dari kepengurusan DPC Partai Demokrat dan Surat Keputusan DPW PBR Sumbar Nomor 0117/KPts/DPW-PBR/SB/III/2012 tentang Pengesahan Perubahan Struktur dan Perpanjangan Periodesasi Pengurus DPC PBR Payakumbuh.


”Surat pernyataan Yon Alnis tidak bersedia dan mundur dari pengurus DPC Partai Demokrat Payakumbuh bertanggal 28 Maret 2012. Surat itu diteken di atas materai enam ribu. Sedangkan SK DPW PBR Sumbar tentang Pengesahan Perubahan Struktur dan Perpanjangan Periodesasi Pengurus DPC PBR Payakumbuh bertanggal 27 Maret 2012,” ujar Maknius.


Dengan demikian diduga, saat namanya diumumkan sebagai pengurus DPC Partai Demokrat berdasarkan SK DPP Partai Demokrat Nomor 61.01/SK/DPP.PD/DPC/III/2012 yang ditandatangani Anas Urbaningrum dan Edhie Baskoro Yudhoyono, Yon Alnis juga menerima SK dari DPW PBR Sumbar yang ditandatangani N Ade Alfian dan Zaid Anugerah.


”Saat saya menyerahkan surat kepada DPC Partai Demokrat, saya memang menerima SK perpanjangan sebagai Ketua DPC PBR. Tadi, DPW PBR juga menghubungi saya. Sudah saya putuskan, saya tetap di PBR,” ujar Yon.


PBR sendiri di tingkat nasional memperoleh suara yang tidak begitu signifikan dalam Pemilu 2009, sehingga ketuanya Bursa Zanubi memilih bergabung dengan Partai Amanat Nasional (PAN). Namun di tingkat daerah, kebijakan pengurus PBR pusat bergabung dengan PAN belum berjalan dengan efektif.


Di Payakumbuh sendiri dalam Pemilu 2009, PBR hanya mengantongi 1.749 suara sah (3,44 persen) dan 1 kursi (4 persen) di DPRD. Jadi tak bisa usung calon sendiri.



Share this Article on : Share

__________________________________________________________________________

0 komentar for "Ketua PBR Mundur dari Partai Demokrat"

Leave a reply