|

Sabtu, Golkar Umumkan Calon. PAN Enggan Koalisi, Non Parlemen Dekati PKS

Payakumbuh, Padek—Dua hari menjelang pendaftaran bakal calon wali kota dan wakil wali kota Payakumbuh dari partai politik, gabungan partai politik atau independen dibuka KPU, peta politik mulai tersingkap jelas. Partai Golkar sebagai pemenang kedua dalam Pemilu 2009 dengan perolehan suara 9.157 (17,99 persen) dan 5 kursi di DPRD, mulai buka kartu kepada wartawan.


Menurut Ketua Partai Golkar Payakumbuh H Sudirman Rusma Datuk Indo Nan Panjang, dalam satu-dua hari ini, Partai berlambang pohon beringin akan membuat kejutan besar. “Tunggu saja, ada kejutan dalam sehari-dua hari ini,” ujar Sudirman saat menghadiri pelantikan pengurus DPC Partai Demokrat di GOR M Yamin, Kubugadang, Selasa (27/3).


Kejutan apakah yang dimaksud? Wakil ketua DPRD Payakumbuh itu belum memberi penjelasan rinci. Tapi, Ketua Partai Golkar Sumbar Hendra Irwan Rahim yang dihubungi Padang Ekspres via ponselnya dari Payakumbuh Rabu (28/3) sore, memberi sedikit gambaran.


”Partai Golkar berencana mengumumkan calon wali kota dan wakil wali kota Payakumbuh pada Sabtu (31/3) besok. Siapa calon yang akan diumumkan itu? Tentu yang sudah mendaftar atau mengembalikan formulir kepada Golkar. Siapa orangnya? Adinda tunggu ya,” kata Hendra yang mengaku sedang berada di Jakarta.


Putra Luak nan Tuo Tanahdatar itu menambahkan, walau calon kepala daerah Payakumbuh dari Partai Golkar direncanakan diumumkan pada Sabtu mendatang, namun Golkar tetap mempertimbangkan, apakah akan berada pada posisi mengusung calon wali kota atau mengusung calon wakil wali kota.


”Itu masih kita pertimbangkan. Yang jelas, Partai Golkar tidak tertutup dengan siapapun dan dengan partai politik manapun. Termasuk dengan Partai Demokrat. Kalau kajiannya memungkinan, kenapa tidak,” ujar Hendra seraya menyebut, hasil survey Pilwako Payakumbuh oleh DPP Partai Golkar belum turun.


Sementara itu, Ketua DPD PAN Payakumbuh Chandra Setipon mengatakan, partainya berkemungkinan besar tidak akan berkoaliasi dalam Pilwako Payakumbuh 2012.”Sepertinya, kami akan mengusung calon wali kota dan wakil wali kota sendiri. Sangat kecil kemungkinan, koalisi dengan partai politik manapun. Walaupun demikian, politik tetap dinamis,” ujarnya.


Soal tiga bakal calon wali kota yang sudah ditetapkan DPD PAN, yakni Masrul Malik, Supardi dan Chandra Setipon sendiri. Menurut Chandra Setipon, belum jadi mengikuti fit and proper test di kantor DPW PAN Sumbar, Rabu siang. “Kayaknya, fit and proper test itu, diundur besok (Kamis ini-red),” ucap Eka, sapaan akrab Chandra Setipon.


Disisi lain, sejumlah pengurus partai non parlemen di Payakumbuh, kedapatan bertemu dengan pentolan PKS Tri Venindra di kawasan Parikrantang, pekan lampau. Pertemuan itu diyakini, erat kaitannya dengan upaya PKS menggolkan pencalonan anggota DPD Riza Falepi Dt Rajo Ka Ampek Suku sebagai wali kota 2012-2017.


PKS sendiri baru punya modal 4.190 suara (8.23 persen) dalam pemilu 2009 dengan jumlah 3 kursi (12 persen) di DPRD. Sehingga, harus berkoalisi untuk mengusung calon. Khusus dalam pertemuan pekan lalu itu, pengurus partai non parlemen yang hadir cukup banyak.


Di antaranya, ketua PKPB Nanang, ketua PKB Faisal, ketua PDK Effendi, ketua PNI Marhaenisme Yuridis, sekretaris PNI Nailul Badri dan bekas anggota DPRD Syafruddin alias Ambon. Saat itu mereka mengklaim, ketua PNBK Titi Idroes, ketua Barnas Widya, ketua PKPI Meta Samainal dan ketua PMB Nugraha juga bagian dari mereka.


”Kalau ditotal, suara PKPB, PKB, PDK, PNI Marhaenisme, PPRN, PNBK, Barnas, PKPI dan PMB, mencapai 4.064 suara. Bisa berkoalisi dengan PKS untuk mengusung bakal calon wali kota dan wakil wali kota,” ujar Nanang dan Efendi kepada Padang Ekspres dalam pertemuan dengan PKS tersebut.


Sementara, pentolan PKS Tri Venindra mengatakan, dalam menyukseskan pencalonan Riza Falepi Dt Rajo Ka Ampek Suku sebagai wali kota, pihaknya memang membangun komunikasi politik dengan banyak partai. “Termasuk dengan kawan-kawan pengurus partai non parlemen ini,” ujar Tri yang juga anggota DPRD Payakumbuh.



Share this Article on : Share

__________________________________________________________________________

0 komentar for "Sabtu, Golkar Umumkan Calon. PAN Enggan Koalisi, Non Parlemen Dekati PKS"

Leave a reply