|

Maward jadi Pendaftar Pertama. Dukungan Kurang, Janji Menambah


Payakumbuh, Padek—Pasangan Mulyadi Afmar-Edward Df alias Maward, menjadi pasangan pertama yang mendaftar sebagai bakal calon wali kota dan wakil wali kota Payakumbuh 2012-2017 kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU).


Maward mendaftar Jumat (30/3) sore atau hari pertama pembukaan pendaftaran bakal calon wali kota dan wakil wali kota dari partai politik, gabungan partai politik dan perseorangan atau independen.


Berkas pendaftaran Maward awalnya diantar ke KPUD oleh dua relawan mereka, yakni pengusaha konstruksi Chandra Arifin dan anggota DPRD dari PBB Hardedi. Sekitar satu jam kemudian, baru Maward datang ditemani istri mereka.


Maward disambut Ketua KPU Hendra Yani, Koordinator Divisi Teknis Maknius, Koordinator Divisi Hukum Hetta Membayu, Koordinator Divisi Logistik Rika, Koordinator Divisi Sosialiasi Yuzalmon, dan Ketua Kelompok Kerja KPU Novyarnis.


Selain petinggi KPU, tiga anggota Panwaslu Payakumbuh, yakni Yusril Yazid, Heidi Mursal dan Elfaiz, ikut mengawasi proses pendaftaran Maward.
”Kita ingin proses pendaftaran berjalan sesuai aturan, makanya kita awasi setiap bakal calon yang mendaftar,” kata Elfaiz.


Pasangan Maward mendaftar dari jalur perseorangan atau independen. Sebelum mendaftar, mereka telah menyerahkan 10.244 berkas dukungan masyarakat kepada KPU tanggal 26 Februari lalu.


Berkas dukungan itu, telah diverifikasi oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) sejak 27 Februari sampai 11 Maret. Kemudian diverifikasi kembali oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dari tanggal 12 sampai 25 Maret.


Selepas verifikasi tingkat PPS dan PPK, KPU juga melakukan verifikasi. Dari hasil verifikasi KPU, berkas dukungan Maward yang dinyatakan memenuhi persyaratan tinggal 5.834 dukungan. Dengan demikian, Maward harus menambah sebanyak 2.511 dukungan lagi.


Untuk penambahan dukungan itu, dapat dilakukan pasangan Mawardperseorang, seminggu setelah KPU menulis surat resmi.
”Dukungan tambahan yang diserahkan, akan kita verifikasi kembali. Waktu verifikasi tahap kedua ini 14 hari,” ujar Hendra Yani.
Pasangan Haji Desra-Fitma Indrayani juga menyerahkan berkas dukungan ke KPU 26 Februari lalu, dengan jumlah 9.599 dukungan. Setelah diverifikasi dinyatakan memenuhi persyaratan tinggal 6.269 dukungan. (frv)



Share this Article on : Share

__________________________________________________________________________

0 komentar for "Maward jadi Pendaftar Pertama. Dukungan Kurang, Janji Menambah"

Leave a reply