|

Terpesona di Lembah Harau

LEMBAH Harau merupakan salah satu lembah terindah yang ada di Indonesia. Lembah yang dikelilingi batu granit terjal berwarna-warni dengan ketinggian mencapai 100 hingga 500m itu terletak di Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatra Barat.

Lembah Harau memiliki iklim tropis, tanah yang subur, serta keindahan pemandangan alam yang mengagumkan. Pagar tebing curam berwarna kemerahan yang menjulang tinggi, menjadi pembatas lembah.

Pesona Harau yang memukau membuatnya dijuluki sebagai Lembah Yosemite di Indonesia karena keindahannya menyerupai Taman Nasional Yosemite yang berada di Sierra Nevada California.

Harau sendiri dipercaya berasal dari kata 'parau' yang menurut istilah lokal berarti suara serak. Penduduk yang berdiam di atas Bukit Jambu, dulunya sering mengalami banjir dan longsor. Hal tersebut menciptakan kegaduhan dan kepanikan sehingga banyak penduduk berteriak dan menimbulkan suara parau.

Penduduknya yang memiliki ciri khas dengan suara parau, membuat daerahnya disebut sebagai 'orau' yang kemudian berubah menjadi 'Arau'. Saat ini penyebutannya lebih sering dikenal dengan nama 'harau'.

Anda bisa menjangkau Lembah Harau menggunakan kendaraan umum melalui Bukittinggi, menyewa minivan, atau dengan sepeda motor. (indonesia.travel/*/X-13)



Share this Article on : Share

__________________________________________________________________________

0 komentar for "Terpesona di Lembah Harau"

Leave a reply