|

Calon Tolak Teken Pakta Integritas. Ditantang Dialog, 3 Pasang tak Hadir



Payakumbuh, Padek—Sejumlah ca­lon wali kota dan calon wakil wali ko­ta, me­nolak menandatangi pakta in­te­gritas dan kinerja yang diso­dor­kan Fo­rum Masyarakat Pedu­li Pa­yakum­buh (FMPP) bersa­ma Alian­si Masyarakat Pa­yakumbuh (AMP). Pa­dahal, pakta integritas dan kinerja itu berisi komit­men memberantas ko­­rupsi, menu­run­kan penganggu­ran dan kemis­kinan, ser­ta me­ning­kat­kan pendidikan dan kese­hatan mas­yarakat.

Keengganan calon meneken pakta in­tegritas dan kinerja, terbukti saat FMPP dan AMP menggelar diskusi pu­blik bertajuk ‘Mengenal Lebih Dekat Ca­wako-Cawako Payakumbuh’ di GOR M Yamin Kubugadang, Sabtu (10/6) . Diskusi itu sendiri dihadiri se­ki­­tar 400 masyarakat dari berbagai la­p­i­san, dengan dikawal ketat aparat ke­polisian.

Sementara dari kalangan calon, hadir calon wali kota nomor urut dua  Mul­yadi Afmar, calon wakil wali kota no­mor urut tiga Dedrizal, calon wa­kil walikota nomor urut lima Su­wandel Mukhtar, dan pasa­ngan Cawako-Cawa­wako no­mor urut tujuh Nus­yir­wan Nazar Sago-Chan­dra Setipon.

Sedangkan tiga pasangan lain, yakni pasangan nomor urut satu Haji Desra-Fitma In­drayani, pasangan nomor urut empat Syamsul Bahri-Weri Yu­naldi dan pasangan nomor urut enam Zainul Jusri Zainuddin-Supardi, me­milih tidak ikut dalam diskusi tersebut.

Saat diskusi berlangsung, Haji Desra-Fitma memilih berkumpul dengan petani dan kaum perempuan di Pa­ya­kumbuh. Sementara Syam­sul Bahri dan Weri Yu­naldi, memilih mengikuti sejumlah ke­giatan dengan masyarakat. Ada­­pun, Zainul Jusri-Supardi meng­hadiri peresmian kantor Partai Ha­nura.

Kendati tidak dihadiri tiga pasang calon dan Komisi Pe­mi­l­­ihan Umum selaku penyeleng­gara Pil­­wako, diskusi yang digelar FMPP ber­sama AMP tetap berlangsung seru. Dis­kusi dipan­du Sekjen AMP Sevin­drajuta, dengan menghadirkan sejum­lah panelis. Di an­taranya, Ketua Umum FMPP Yo­ha­nes Abdullah, do­sen ekonomi Unand Syaiful Anwar dan Direktur Politani Deni Sorel.

Saat diskusi berlangsung, sejumlah ak­tivis FMPP dan AMP ikut menanyai vi­s­i-misi para calon yang hadir. Di an­tara aktivis FMPP yang bertanya itu, ter­lihat Ketua STTP Erizal Azhar, Sek­jen FMPP Syafrinot, aktivis Forum Pe­duli Luak Limopuluah Yudilfan Ha­bib, Direktur LBH Santika Nedi Ri­naldi dan sejumlah nama lain.



Ketua FMPP Yohanes Abdullah me­yakini, pertanyaan yang disam­pai­kan teman-temannya, masih normatif dan tidak menejelanjangi para calon. ”Ha­nya saja, kita memang sedikit ke­cewa, karena para calon tidak mau me­nandatangani pakta integritas dan ki­nerja. Kita juga sayangkan, calon yang diundang, tapi tidak hadir. Pa­dahal, kita sediakan panggung be­sar, gratis buat mereka,” sesalnya. (*)



Share this Article on : Share

__________________________________________________________________________

0 komentar for "Calon Tolak Teken Pakta Integritas. Ditantang Dialog, 3 Pasang tak Hadir"

Leave a reply