|

Pansus Aset Dinilai Asbun. Walnag: Tak Ada Aset Pusat di Batubalang


Limapuluhkota, Padek—Per­nyataan Pa­nitia Khusus (Pansus) Asset DPRD Limapuluhkota soal ada­nya aset Pusat atau Provinsi dinilai asal bunyi (asbun). Wali Nagari (Walnag) Batubalang, Yondri YS, menegaskan, tidak asset Pusat atau Provinsi di daerah tersebut.

“Setahu saya, di Batubalang hanya ada aset nagari yang ter­sebar dan dikelola oleh enam jorong yang ada di daerah ini,” tegas Yondri kepada Padang Ekspres, kemarin (26/6).

Penegasan itu dilontarkan Yondri, menanggapi statemen Ketua Pansus Aset (DPRD) Li­mapuluh Kota, Tedy Sutendy seperti diberitakan Padang Eks­pr­es, terbitan Selasa (27/6). Di­mana Tedi menyebut, ada aset di Bon­cah Batu Balang, Kecamatan Harau yang rencananya dulu akan dibangun transmigrasi. Namun lokasi tersebut apakah aset pusat, provinsi atau ka­bu­paten belum bisa dipastikan. Terlepas dari itu, kata Tedi, aset tersebut sudah ada yang dicaplok masyarakat.

Menurut Yondri, aset yang ada di Nagari Batubalang adalah aset nagari yang berdasarkan kepada ulayat masyarakat. “Seta­hu saya saat sebelum dan men­jadi wali nagari, saya belum pernah mendengar adanya aset Pusat, Provinsi atau Kabupaten di Batubalang. Sebab di nagari tentunya hanya ada aset nagari yang berdasarkan pada ulayat nagari,” ungkapnya.

Begitu juga soal adanya ren­ca­na transmigrasi di Batubalang, se­perti disebutkan Tedi, Yondri juga mengaku belum pernah men­dengarnya samasekali. “Y­ang ada di Boncah, nagari Batu­ba­lang cuma batu bara. Kalau soal aset yang bu­kan milik pe­me­rintah nagari sa­ma sekali tidak ada,” tegas Yondri.

Pernyataan senada disam­paikan Kepala Dinas Pendapatan dan Keuangan Daerah (DPKAD) Limapuluh Kota Yendri Thomas. Menurut Yendri, dia belum me­nge­tahui soal aset di Boncah, Batu­balang yang disebutkan Tedy telah dicaplok masyarakat.

“Kami (DPKAD, red) sama­sekali tidak mengetahui infor­masi (pencaplokan) tersebut,” pungkas Yendri.Terlepas dari itu, ma­sya­rakat meminta agar Pan­sus Aset DPRD bekerja secara mak­simal. Sehingga semua aset benar-benar jelas statusnya. “Kita sangat ber­harap Pansus Aset DPRD mem­bahas persoalan ini hingga tuntas, dan jangan sete­ngah-setengah,” pinta Ketua LSM Forum Peduli Luak Limopuluah, Yu­dilfan Habib yang dihubungi ter­pisah. (*)



Share this Article on : Share

__________________________________________________________________________

0 komentar for "Pansus Aset Dinilai Asbun. Walnag: Tak Ada Aset Pusat di Batubalang"

Leave a reply