|

PANTAU PEMILUKADA : Kemenkopolkam Kirim Tim ke Payakumbuh

Payakumbuh, Singgalang
Sebelum berlangsungnya pemilukada pada Juli mendatang, tim desk Pemilu Kemenko Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Polhukam) dipimpin Kolonel TNI Jusmarizal, bersama anggotanya Kolonel TNI Jeffry AR, berkunjung ke Payakumbuh 26-29 Juni.
Kunjungan tim desk guna memantau persiapan pemilukada. Selama di Payakumbuh, kedua kolonel itu melakukan pertemuan dengan pemko, KPUD, Dandim dan Polres Payakumbuh. 
Di Balaikota dalam acara dipimpin Asisten II Setdako H. Benni Warlis, tim desk meminta laporan persiapan pemilukada, baik dari pihak penyelenggara KPUD dan Panwaslu, serta pihak keamanan TNI/Polri.
Di depan Dandim 0306/50 Kota, Letkol Inf. Isdon Handoko, Kapolres AKBP Rubintoro S, Ketua KPU Hendrayani, Ketua Panwaslu Yusril Yazid, Kepala Kesbang-PBD Musdik Agus, Ketua tim desk Kemenkopolhukam Jusmarizal, menyampaikan maksud kunjungan tim yang diturunkan Menko Polhukam itu.
“Pemerinta pusat ingin mendapatkan data dan fakta akurat, terhadap kesiapan daerah dalam penyelenggaraan pemilukada. Sukses pemilukada, akan menentukan terhadap sukses penyelenggaraan pilpres dan pemilu legislatif,” ujar Jusmarizal.
Dikatakan, sukses pemilukada, bukan sekedar keberhasilan penyelenggaraan kampanye dan terpilihnya kepala daerah. Tapi, benar-benar tidak bermasalah sampai ke Mahkamah Konstitusi (MK).
“Buat apa penyelenggaraan sukses, kalau akhirnya bermuara ke MK juga. Ini namanya juga tidak sukses,” tambahnya.
Suasana yang kondusif itu, diminta Jusmarizal dan Jeffry, terus dipelihara dan ditingkatkan. Kedua kolonel berharap pemilukada sukses, tertib, aman dan lancar dan tidak sampai ke MK.
Tim desk Kemenkopolhukam mendapatkan laporan secara tertulis dari pemko berupa alokasi anggaran Pemilukada, jumlah PNS di KPU dan Panwaslu, jumlah Linmas dan surat edaran tentang netraliras PNS. Dari Polresta, juga diminta laporan tentang rencana pengamanan pemilukada, kegiatan yang dilaksanakan, jumlah personil yang dilibatkan, pola pengamanan, data kerawanan pemilukada.
Kapolres Rubintoro, melaporan, penyelenggaraan pemilukada di Payakumbuh sejak dimulai pentahapan pendaftaran calon, hingga saat kampanye sekarang ini berjalan tanpa adanya gangguan. (302)



Share this Article on : Share

__________________________________________________________________________

0 komentar for "PANTAU PEMILUKADA : Kemenkopolkam Kirim Tim ke Payakumbuh"

Leave a reply