|

HC Israr Diusulkan Sebagai Nama Jalan


Payakumbuh —Nama tokoh pendiri Kota Payakumbuh HC Israr, diusulkan sebagai nama Jalan ke Kelurahan Nunang. Usulan itu disampaikan niniak mamak-nagari Koto Nan Ompek Y Datuak Banso Dirajo Nan Putiah kepada Tim I Safari Ramadhan Pemko Paya­kumbuh yang berkunjung ke Masjid Gadang, Koto Nan Ompek, pekan lalu.

”Peraturan Daerah tentang nama-nama jalan di Payakumbuh, ada baiknya ditinjau ulang. Misalnya untuk jalan kelurahan dan kecamatan, lebih disesuaikan dengan nama tokoh setempat. Seperti jalan ke Kelurahan Nunang, diberi nama Jalan HC Israr,” ujar Y Datuak Banso Dirajo.

Sekadar diketahui, HC Israr merupakan salah seorang tokoh pendiri Kotamadya Payakumbuh. Semasa perjuangan mem­pe­rebutkan Kemerdekaan Indonesia, putra asli Ke­camatan Guguak, Kabupaten Limapuluh Ko­ta itu, ikut berjuang mengangkat senjata dalam Laskar Fisabillah.

Selain itu, HC Israr merupakan seorang politisi. Dia pernah menjadi ketua PPP dan anggota DPRD Sumbar. Disamping itu, HC Israr juga seorang pelukis, penulis, budayawan dan ulama. Pada zaman sekarang, jarang ditemukan tokoh yang serba-bisa seperti dirinya. Tim 1 Safari Ramadhan Pemko Payakumbuh yang terdiri dari wali kota Josrizal Zain dan 4 anggota DPRD dari Payakubuh Barat, yakni Sudirman Rusma, Maharnis Zul, Zul Amri dan Erlindawati.



Share this Article on : Share

__________________________________________________________________________

0 komentar for "HC Israr Diusulkan Sebagai Nama Jalan"

Leave a reply