|

Pasangan Kepala Daerah Pembuat Sejarah

Pasangan Walikota Payakumbuh H. Josrizal Zain dan Wakil Walikota H. Syamsul Bahri, membuat sejarah baru bagi Kota Payakumbuh. Pasangan kepala daerah yang akan mengakhiri masa baktinya, 23 September 2012, menorehkan empat penghargaan dan piala dalam rangkaian kegiatan memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, 2012. Payakumbuh kota pertama di Indonesia yang mampu memboyong empat gelar sekaligus. Sebuah rekor prestasi yang sulit dipecahkan bagi kota/kabupaten lainnya di Tanah Air ini.

Keempat gelar yang diraih itu, Piala Adipura, lambang supremasi tertinggi bagi kota di Indonesia yang berhasil dalam kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan. Ini merupakan, Piala Adipura keenam yang diraih Payakumbuh, dengan status kota sedang, setelah tahun 2011, lepas dari tangan.

Gelar selanjutnya, Piala Kalpataru buat Capt. H. Josrizal Zain, SE, MM, Walikota Payakumbuh, klasifikasi Pembina Lingkungan Hidup. Dua gelar lagi, Piala Adiwiyata, buat sekolah berwawasan lingkungan yang direbut SMAN 2 Payakumbuh dan Laporan Status Lingkungan Hidup Daerah (SLHD) yang akurat, sistematis dan realistis yang dibuat Kantor LH Payakumbuh. Kalpataru, Adiwiyata dan Laporan SLHD Tebaik, baru tahun ini diukir pasangan kepala daerah yang dipercaya memimpin Partai Demokrat Sumbar dan Kota Payakumbuh ini.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyerahkan Piala Adipura buat Pemko Payakumbuh dan Kalpataru kepada Walikota H. Josrizal Zain, yang keduanya diterima Walikota Josrizal Zain, dalam acara peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, di Istana Negara Jakarta, Selasa (5/6). Sedangkan, Piala Adiwiyata buat SMAN 2 Payakumbuh, diterima kepseknya Drs. Junaidi, dan penghargaan Laporan SLHD buat Payakumbuh, diterima Asisten II Drs. Yummardius, dari tangan Menteri LH, Prof. Dr. Balthasar Kambuaya, MBA, dalam acara di Hotel Sahid Jaya Jakarta, Selasa malam harinya.

“Ini torehan prestasi yang bersejarah bagi Payakumbuh. Kado istimewa dari Presiden SBY yang diterima pasangan Walikota Payakumbuh Josrizal Zain dan Wakil Walikota H. Syamsul Bahri, di penghujung masa baktinya. Prestasi yang harus dipertahankan dan ditingkatkan,” ucap Ketua DPRD Payakumbuh Wilman Singkuan, S.Sos dan Ketua LKAAM Payakumbuh Indra Zahur Dt. Rajo Simarajo, SE.

Menurut Walikota Josrizal Zain dan Wakil Walikota Syamsul Bahri, prestasi yang diperoleh itu, bukan miliknya. Tapi, milik warga kota dan seluruh elemen masyarakat Payakumbuh. Karena itu, seluruh prestasi yang diukir, akan dipersembahkan kepada masyarakat Payakumbuh, dalam wujud syukuran, katanya.

Walikota Josrizal, mengakui, sukses Payakumbuh merebut empat gelar terhormat itu, tak lepas dari peran serta masyarakat yang sangat tinggi. Ia menyadari, program yang dirancang tidak akan berjalan maksimal, jika tidak mendapat dukungan dari seluruh warga. Partisipasi masyarakat yang tinggi itu, dirasakan pemko dengan berbagai prestasi terbaik ditingkat provinsi dan nasional.

Walikota merinci, sejumlah prestasi lainnya yang pernah diraih Payakumbuh, di tingkat nasional, mulai dari Satya Lencana Pembangunan Koperasi, Indek Pembangunan Manusia (IPM), Kota Sehat Klasifikasi Tertinggi Swasti Saba Wistara (tingkat pembinaan), Citra Bhakti Abdi Negara, Inovasi Managemen Perkotaan (IMP), Indonesia Milenium Development Goals Award, Indonesian Green Regional Award, Kinerja PU Terbaik, Kelompok Wanita Tani Nasional, Satya lencana Kebaktian Sosial, Karang Taruna Terbaik Nasional, Satya Lencana Akutila, Pelopor Serikat Anti Pengangguran dan sejumlah prestasi lainnya.

“Prestasi yang memperpanjang catatan sejarah bagi Payakumbuh itu, mudah-mudahan terus berlanjut oleh pimpinan kepala daerah mendatang,” simpulnya.



Share this Article on : Share

__________________________________________________________________________

0 komentar for "Pasangan Kepala Daerah Pembuat Sejarah"

Leave a reply