|

Gubernur Dukung Pembangunan Bandara di Payakumbuh

Payakumbuh-today.com-(Payakumbuh)
Niat pasangan Riza Falepi-Suwandel Muchtar menjadikan Paya­kum­buh sebagai pioner dalam rea­lisasi pembangunan bandar udara di Luhak Limopuluah, baik dengan permodalan kon­sorsium pemerintah daerah mau­pun dengan konsep swas­tanisasi (investor), mendapat dukungan dari Gubernur Sum­bar Irwan Prayitno.

”Rencana kita mem­bangun bandara di Luak Limopuluah Koto (sebutan lain untuk Paya­kumbuh dan Limapuluh Kota-red), sudah men­da­pat dukungan dari Gubernur Sumbar Ir­w­an Prayitno,” kata Riza Falepi  ke­pada Padang Ekspres se­lepas menghadiri pe­resmian gedung baru BPS Paya­kumbuh di Jalan Imam Bonjol Nomor 6, Bulakan Balai Kandi,  Koto Nan Ompek, Rabu (10/9) lalu.

Menurut Riza, saat dirinya mengemukakan rencana pem­bangunan Bandara, gubernur memang sempat bertanya. ”Kata gubernur, masak Payakumbuh mau membangun bandara? Saya bilang, Bang, Bandara itu penting. Kalau terjadi bencana alam seperti tsunami di seki­taran pantai Padang, bisa-bisa Bandara Internasional Mi­nang­kabau di Katapiang,  Padang­pariaman, luluh-lantak. Tentu ini akan menyulitkan pengang­kutan logistik, makanya perlu dibangun Bandara,” ujar Riza Falepi.

Mendengar penuturan Riza yang merupakan adik ‘ideo­logisnya’ di Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Irwan Prayitno akhirnya mendukung. ”Saya yakin, Pak Gubernur bukan hanya mendukung karena jawa­ban saya tadi. Tapi beliau yakin, bahwa keberadaan bandara memang diperlukan untuk me­nopang pertumbuhan ekonomi Payakumbuh dan Limapuluh Kota. Apalagi, pertumbuhan ekonomi Payakumbuh saat ini tertinggi di Sumbar,” kata Riza.

Wali kota pilihan rakyat itu juga mengajak seluruh elemen masyarakat Payakumbuh, untuk tidak berhenti bermimpi mem­bangun Bandara. ”Kita tidak boleh berhenti bermimpi. Pem­bangunan Bandara itu harus terus kita dengungkan dan  kita usahakan bersama-sama. Saya yakin, dengan ke­ber­samaan, tidak ada yang tidak mungkin,” sebut Riza.

Riza menyadari, masih ada pihak yang pesimis dengan pem­bangunan Bandara di Paya­kumbuh, melihat wilayahnya yang kecil. Namun dengan opti­malisasi pemanfaatan lahan, kerjasama  dua daerah  dan cara ber­fikir yang tidak biasa, pem­bangunan ban­dara itu pasti bsia dilakukan. Apalagi secara ge­os­tra­tegis, Payakumbuh seb­e­nar­nya dekat ke mana-mana. Baik ke Medan, Palembang, Batam, bahkan ke Hongkong.

Sisi positif itulah yang me­nurut Riza perlu dipikirkan bersama-sama, untuk bisa ‘men­jual’ nilai-nilai yang dimiliki Payakumbuh. Yang jelas, de­ngan adanya bandara, pasti orang-orang akan lalu lang di Payakumbuh. Kota ini akan menjadi kota penghubung. ”Satu hal lagi yang bisa kita sadari, dengan peran bandara, seikat bunga tulip yang dipetik di Belanda pada malam hari, ke­eso­kan paginya sudah segar nongkrong di lobby sebuah hotel di Singapura,” ujar Riza.

Dia menambahkan, kalau balik cerita yang lebih lanjut, ada kalanya kita perlu ‘gila’ sedikit atau berpikir agak nyeleneh. (Padek)



Share this Article on : Share

__________________________________________________________________________

0 komentar for "Gubernur Dukung Pembangunan Bandara di Payakumbuh"

Leave a reply