|

Kemensos bantu 600 juta rupiah untuk 30 Kube Payakumbuh

Payakumbuh-today.com - (Payakumbuh )
Sebanyak 30 Kelompok Usaha Bersama (Kube) di Payakumbuh, Sumatera Barat menerima bantuan sebesar Rp600 juta dari Kementerian Sosial untuk digunakan sebagai modal usaha.

"Setiap Kube mendapat modal usaha sebesar Rp20 juta, bantuan ini sudah diserahkan secara simbolis kepada masing-masing ketua Kube," kata Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Payakumbuh Yummardius, Rabu.

Dia mengatakan, pembentukan Kube pada setiap kelurahan di Payakumbuh bukan sekedar untuk menampung bantuan dari pemerintah pusat, tapi harus mampu memberikan nilai positif untuk peningkatan kesejahteraan keluarga kurang mampu.

Karena itu, bantuan yang diberikan harus dikembangkan dalam bentuk usaha yang sesuai dengan kemampuan dan keterampilan anggota Kube.

Kube-kube di Payakumbuh, kata dia, sudah banyak yang berkembang dan punya modal besar. Malahan beberapa Kube sudah mencatat prestasi nasional dan menjadi tujuan pembelajaran bagi Kube dari banyak kota/kabupaten dari sejumlah provinsi di tanah air.

"Kube yang baru dibentuk jangan malu belajar ke Kube kelurahan tetangga yang telah berhasil," katanya.

Dia juga meminta agar instansi terkait bersama pendamping Kube yang ditunjuk agar melakukan pembinaan yang tak terputus agar keberadaan Kube mampu meningkatkan kesejahteraan anggotanya.

Dia menyebutkan, seluruh dana bantuan yang berasal dari Kementerian Sosial langsung masuk ke rekening kelompok.

"Namun dalam pencairannya harus mendapatkan rekomendasi dari dinas terkait," katanya.

Dia mengatakan, Kube yang baru tumbuh mendapatkan dana bantuan sebesar Rp20 juta dan lanjutan menerima sebesar Rp30 juta dengan berbagai syarat yang harus dipenuhi kelompok.

Menurut dia, di Payakumbuh hingga Oktober 2012 sudah tercatat 155 Kube dengan total anggota 1.550 orang.

Usaha yang dilakukan berbagai macam, mulai dari usaha pertukangan, bengkel, industri tas dan anyaman, pertanian, peternakan ikan, sapi, ketering dan usaha pembuatan kue.

Kube yang dibantu Kemensos tahun 2012 ini berasal dari Kecamatan Payakumbuh Utara 7 kelompok, Kecamatan Payakumbuh Selatan 6 kelompok, Kecamatan Payakumbuh Timur 5 kelompok, Kecamatan Payakumbuh Barat 9 kelompok, dan Kecamatan Lamposi Tigo Nagori 3 kelompok. (antara)



Share this Article on : Share

__________________________________________________________________________

0 komentar for "Kemensos bantu 600 juta rupiah untuk 30 Kube Payakumbuh"

Leave a reply