|

MUI: Boleh Beda Asalkan Tujuan Sama

Terkait Perbedaan Memulai Awal Idul Adha

Payakumbuh-today.com- (Padang)
Perbedaan awal mulai Hari Raya Kurban untuk tahun ini kembali terjadi. Namun, menurut keterangan dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumatera Barat, berdasarkan sidang isbat yang dilakukan di Jakarta bersama pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) dan bersama ormas Islam menetapkan Hari Raya Idul Adha 10 Zulhijah, yang jatuh pada hari Jumat, bertepatan pada tanggal 26 Oktober 2012 mendatang.

"Berdasarkan sidang istibat yang diadakan Senin lalu (15/10), Hari Raya Idul Fitri jatuhnya pada hari Jumat 26 Oktober 2012, dan hal ini sudah menjadi kesepakatan dan keputusan bersama ketika sidang isbat tersebut dilaksanakan," ungkap Syamsul Bahri Khatib, MUI Sumbar, saat ditemui di kantornya Masjid Nurul Iman, Senin (22/10).

Namun, berdasarkan informasi yang diterima dari warga di Kabupaten Pesisir Selatan, Kecamatan Sutera, warga di sana mulai awal Idul Adhanya hari Kamis (25/10) mendatang, "untuk yang warga di sini, mulai Idul Adhanya hari Kamis, dan hal ini berdasarkan kesepakatan beberapa tertua, dan juga berdasarkan ilmu pengetahuan yang masyarakat pahami di sini," kata Syafruddin, Guru Pasantren Sabulili Jannah, Pessel, saat dihubungi via telpon.

Dalam hal ini, Syamsul Bahri Khatib menjelaskan tentang perbedaan yang terjadi, "hal ini merupakan perkembangan keilmuan, namun pada dasarnya tujuan ini sama, yaitu melakukan ibadah karena Allah SWT. Selain itu, terjadi perbedaan ini dikarenakan alat perhitungan dari paham agama Islam yang ada".

"Tidak ada yang salah, mau mulai Kamis atau lain dari hari Jumat, boleh saja, asalkan tujuannya karena Allah SWT, dan yakin atas apa yang mereka lakukan. Silakan laksanakan, tapi jangan tinggalkan yang dasar," katanya. (*)



Share this Article on : Share

__________________________________________________________________________

0 komentar for "MUI: Boleh Beda Asalkan Tujuan Sama"

Leave a reply