|

TIM PENILAI ADIPURA LAKUKAN P-1 DI PAYAKUMBUH


Payakumbuh-today.com-(Payakumbuh) Penilaian tahap pertama atau P-1, sangat menentukan bagi Kota Payakumbuh untuk mempertahankan Piala Adipura di Tahun 2013 nanti. Selama dua hari, 8-9 November, Tim Penilai Adipura Kementerian Lingkungan Hidup, dari Pusat Pengelolaan Echoregion Regional Sumatera d Pekanbaru, dipimpin Ir. Rosita, M.Sc, berada di Payakumbuh.
Tim Penialai ini, terdiri dari unsur perguruan tinggi, wartawan dan Bappedalda Sumatera Barat. Selama di Payakumbuh, tim didampingi Asisten I Setdako Yoherman, SH, S.Sos, Kepala Kantor Lingkungan Hidup  Drs. Syahnadel Khairi, Kepala Dinas Tata Ruang dan Kebersihan (TRK) Marta Minanda, ST, MT,  Sekretaris TRK Ir. Syamsurial dan Kabid Kebersihan Agusrubiono.
Tercatat 54  titik pantau yang dikunjungi tim penilai, di antaranya kawasan Pasar Tradisional Ibuah Payakumbuh, kawasan pemukiman di Balai Kaliki, rumah sakit umum, puskesmas, jalan, drainase,  terminal,  beberapa sekolah, sungai, perumahan,  serta tempat pengolahan akhir sampah (TPA Regional) Payakumbuh. Dari subuh  hingga matahari terbenam, tim penilai mengunjungi titik-titik penilaian yang diinginkan tim. “Kita hanya menunjukkan lokasi yang akan dinilai tim,” ucap Syahnadel.
Menurut Kadis TRK Marta Minanda dan Syamsurial,  P-1 ini sangat menentukan untuk langkah penilaian berikutnya. Passing grade yang ditetapkan Kementerian Lingkungan Hidup berbeda untuk setiap kategori.  Payakumbuh masuk kategori kota sedang, dan satu-satunya di Sumatera Barat, dengan passing grade minimal, 74.  “Gagal pada P-1, Payakumbuh tak lolos ke penilaian berikutnya,” tegas Syamsurial mantan Kepala Kantor Lingkungan Hidup Payakumbuh ini.
Kota Payakumbuh, dikatakan, sudah enam kali merebut Piala Adipura. Seluruhnya direbut pada masa kepemimpinan Walikota H. Josrizal Zain.  Seluruh warga kota dan jajaran pemko, berharap, di bawah kepemimpinan duet Walikota H. Riza Falepi dan Wakil Walikota Suwandel Muchtar, Piala Adipura ini kembali diraih Payakumbuh.
“Prestasi bergengsi bagi kota yang benar-benar peduli dalam memelihara kebersihan dan lingkungan hidup ini harus dipertahankan. Pimpinan kota bersama DPRD, punya komitmen yang tinggi dalam kegiatan lingkungan hidup ini” ucap Sekdako H. Irwandi, SH, ditempat terpisah.



Share this Article on : Share

__________________________________________________________________________

0 komentar for "TIM PENILAI ADIPURA LAKUKAN P-1 DI PAYAKUMBUH"

Leave a reply