|

Belajar Tambahan Menjelang

Persiapan untuk Ujian Nasional (UN) memang harus benar-benar maksimal sobeX. Karena Ujian Nasional ini adalah ujian terakhir kita sebelum melangkahkan kaki ke perguruan tinggi. Kalau nggak maksimal usaha yang kita lakukan, toh hasilnya pasti juga nggak memuaskan bukan.

Mhm, kadang-kadang nih Xpresi amati, ada juga lho sebagian siswa XII yang masih nyante-nyante menghadapi UN. Padahal teman-temannya yang lain pada sibuk mengolah soal-soal UN yang bakal keluar.

Bahkan, di antara mereka ada yang bela-belain untuk belajar tambahan agar persiapan mereka maksimal. Sementara yang masih nyante-nyante mengatakan konon ntar waktu UN bakal ada yang bantuin, yaitu kunci ajaib. Wah, wah, wah kalau kita udah beranggapan demikian sobeX. Sama aja kita udah menimbun ilmu-ilmu yang sudah kita dapatkan selama 3 tahun lalu.

Maraknya persiapan UN ini ibaratkan sebuah musim sobeX. Kalau musim hujan kita pasti nyiapin payung dan mantel hujan bukan. Nah, kalau musim UN biasanya kita bakal nyiapinnya dengan belajar tambahan bukan?

Nah, ngomong-ngomong soal belajar tambahan nih sobeX pastinya ada sesuatu yang ingin kita capai bukan? Ya, apalagi belajar tambahan persiapan menjelang UN. Menurut sobeX belajar tambahan sangat efektif dan efisien nggak sih membantu dalam UN nanti?

Menurut Ronald Okta Putra, “Kalau masalah belajar tambahan nih sobeX itu sangat-sangat membantu kita dalam UN nanti. Soalnya nggak ada manusia itu yang sempurna. Maksud aku, walaupun kita udah belajar tiga tahun, otomatis pelajaran yang lama itu bakal ada yang lupa bahkan ada yang nggak ingat sama sekali. Nah, untuk memulihkan ingatan kita akan pelajaran-pelajaran lama, tentu butuh waktu untuk mengulangnya yaitu dengan belajar tambahan sobeX. Makanya nih efektif banget untuk membantu UN, “ tutur siswa SMK 1 Gunung Talang ini.

Senada dengan Ronald, cewek yang akrab dipanggil Ajeng ini juga mengatakan demikian sobeX. “Belajar tambahan membantu banget sobeX untuk menunjang persiapan UN besok. Bagaimana pun persiapan kita dengan belajar tambahan ini, yang jelas kita ada belajar dan mengolah-ngolah soal di luar jam sekolah. Intinya, pelajaran itu nggak usah ditakuti sobeX tapi dinikmati. Dan kita bakal terbiasa untuk membahas soal menjelang UN,” ujar siswi SMK Nusatama Padang ini.

Belajar tambahan sebenarnya bukan menambah pelajaran sobeX, tapi mengulang-ngulang kembali pelajaran yang pernah kita pelajari selama tiga tahun lalu. Dari beberapa pelajaran yang diberikan guru-guru pastinya kita masih ada yang ragu-ragu, bahkan ada juga nih yang belum duduk pengetahuannya tentang pelajaran tersebut.

Nah, kalau pelajaran yang masih kurang pengetahuan kita tentang itu, ketika di UN kan kita bakal merasa belum siapkan sobeX. Makanya nih, untuk memantapkan ilmu pengetahuan kita seputar mata pelajaran yang bakal di UN kan itu dengan belajar tambahan sobeX.

Tentu aja, belajar tambahan ini dilakukan bukan beberapa hari lagi menjelang UN sobeX, tapi jauh-jauh hari menjelang UN. Seperti kata Pando, cowok yang sekolah di SMKN 2 Payakumbuh ini mengatakan, belajar tambahan menjelang UN sih sah-sah aja. “Tapi kalau persiapannya udah mau dekat hari H lebih baik nggak usah deh sobeX. Soalnya bakal nggak maksimal hasilnya,” ujarnya. (deva)



Share this Article on : Share

__________________________________________________________________________

0 komentar for "Belajar Tambahan Menjelang"

Leave a reply