|

Desra-Fitma Ungguli Mulyadi-Edward

ayakumbuh, Padek—Dukungan memenuhi persyaratan yang diperoleh pasangan Haji Desra-Fitma Indrayani, untuk pencalonan sebagai wali kota dan wakil wali kota Payakumbuh dari jalur perseorangan atau independen, masih unggul dari dukungan memenuhi persyaratan yang dikantongi pasangan Mulyadi Afmar-Edward DF.


Saat penyerahan berkas dukungan ke KPU 26 Februari lalu, Mulyadi-Edward memang menyerahkan 10.244 dukungan disertai foto copy KTP, untuk diverifikasi oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS), Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan KPU. Sedangkan Desra-Fitma hanya menyerahkan 9.599 dukungan.


Akan tetapi, setelah PPS melakukan verifikasi administrasi 27-29 Februari, verifikasi vaktual 1-9 Maret dan penyerahan hasil verifikasi 11 Maret, dukungan Mulyadi-Edward yang memenuhi persyaratan, dinyatakan tinggal 5.843. Sedangkan dukungan Desra-Fitma yang memenuhi persyaratan tinggal 6.463.


Dengan demikian, berdasarkan hasil verifikasi tingkat PPS, pasangan Desra-Fitma unggul dari pasangan Mulyadi-Edward. Setelah itu, proses verifikasi dilanjutkan oleh PPK. Proses ini berlangsung sampai tanggal 25 Maret. Berdasarkan hasil verifikasi PPK yang diterima Padang Ekspres dari KPU Payakumbuh, Rabu (28/3), pasangan Desra-Fitma masih unggul.


Pasangan Desra-Fitma memperoleh 6.388 dukungan memenuhi persyaratan, sedangkan pasangan Mulyadi Afmar-Edward DF memperoleh 5.884 dukungan memenuhi persyaratan. Kendati unggul, dukungan Desra-Fitma dalam verifikasi PPK hilang sebanyak 125 dukungan. Sedangkan dukungan Mulyadi-Edward dalam verifikasi PPK, bertambah sebanyak 41 dukungan.


Desra mengaku, tetap menghormati proses verifikasi di tingkat PPS, PPK dan KPU. "Kita sangat menghormati kerja keras teman-teman PPS, PPK dan KPU. Kendati demikian, kita tetap berharap, dalam verifikasi berkas dukungan tidak seperti membelah bambu. Semangat vox populi vox dei harus tetap dihargai,” ujar pengusaha pembebas lahan RTH itu.


Koordinator Divisi Teknis KPU Maknius AM dan Kordinator Divisi Sosialisasi Yuzalmon mengatakan, proses verifikasi berkas dukungan pasangan bakal calon wali kota dan wakil wali kota dari jalur perseorangan untuk tahap pertama, akan berakhir Kamis (29/1) ini. KPU berencana, menggelar rapat pleno, penetapan hasil verifikasi. (frv)



Share this Article on : Share

__________________________________________________________________________

0 komentar for "Desra-Fitma Ungguli Mulyadi-Edward"

Leave a reply