|

Ibuah Timur Membara 2 Kios dan 2 Lapak Ludes

Payakumbuh, Padek—Pasar Ibuah Timur yang baru dikunjungi Ketum DPP Partai Demokrat Anas Urbaningrum membara, Rabu (28/3) dini hari. Dua unit kios dan dua unit lapak ludes terbakar. Kerugian ditaksir puluhan juta rupiah. Penyebab kebakaran masih dalam penyidikan.


Informasi yang dihimpun Padang Ekspres di Ibuah Timur Kamis (29/3), dua kios yang terbakar biasanya dihuni Bustami, 30, pedagang buah asal Taehbaruah, Kabupaten Limapuluh Kota, dan Syafrizal, 41, pedagang bumbu asal Cubadak-aia, Lampasi Tigo Nagari, Payakumbuh.


Sedangkan dua lapak yang terbakar, biasanya dipakai untuk berjualan oleh Nusrami, 38, pedagang ubi jalar asal Piladang, Limapuluh Kota dan Anto, pedagang sayur beralamat di Payakumbuh. Semua pedagang itu, tak tahu penyebab terbakarnya kios dan lapak mereka.


”Saya dapat kabar kios terbakar dari seorang bernama Mamang memberitahu. Tapi waktu saya sampai, kios sudah tinggal puing. Buah-buahan seperti semangka yang saya jual, juga menjadi arang,” kata Bustami, sambil membersihkan sisa-sia kebakaran.


Cerita yang sama didapat dari Syafrizal. Ia mengetahui, kiosnya terbakar juga dari teman. Saat Syafrizal sampai di lokasi kebakaran, dagangannya berupa bumbu sudah ludes. ”Yang tersisa hanya bawang merah, sudah bau asap dan berwarna hitam, tidak mungkin dapat dijual lagi,” tuturnya.


Para pedagang mengaku, hanya bisa pasrah dengan kejadian yang menimpa mereka. ”Kalau saya, menderita kerugian hanya sekitar Rp 600 ribu. Tapi itu cukup juga buat makan sehari-sehari,” kata Nusrami.


Hal serupa disampaikan Anton. ”Polisi sudah datang ke sini, menyelidiki penyebab kebakaran,” ujarnya.
Para pedagang berharap bantuan dari pemerintah kota. ”Kami di sini, hanya menyewa kios dan lapak. Yang kami punya, sedikit modal untuk membeli barang dagangan. Sekarang, barang dagangan itu sudah terbakar. Mohon bantuan,” harap mereka. (pl-1)



Share this Article on : Share

__________________________________________________________________________

0 komentar for "Ibuah Timur Membara 2 Kios dan 2 Lapak Ludes"

Leave a reply