|

Wako Minta Awasi Penimbunan BBM

PAYAKUMBUH – Menyikapi kenaikan bahan bakar minyak (BBM), Pemko Payakumbuh melakukan antisipasi. Walikota Pa yakumbuh H. Josrizal Zain dan Wawako H. Syamsul Bahri, meminta seluruh aparat terkait untuk me ngawasi usaha-usaha penimbunan BBM yang dilakukan oknum tak ber tanggung jawab.

Selain itu pasangan kepala daerah Payakumbuh ini juga ikut meminta kepada penge lola SPBU untuk ikut mener tibkan penjualan BBM, tidak menerima penjualan berupa deriken, tanpa dilengkapi dokumen yang sah.

Imbauan pasangan Wali kota Payakumbuh H. Josrizal Zain dan Wawako Syasul Bahri itu, disampaikan Asis ten II Setdako Payakumbuh Yummardius, ketika memim pin rapat koordinasi, didam pingi Kabag Perekonomian Setdako Hendri Refdinal, dengan sejumlah pimpinan SOPD terkait serta Polresta Payakumbuh, di Balaikota, Senin (26/3).

Menurut Yummardius, ke naikan harga BBM, tidak akan menyesengsarakan rak yat, melainkan akan berdam pak terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat. Karena kebijakan tersebut sudah diperhitungkan peme rintah pusat.

Di Payakumbuh, seperti dilaporkan Asisten II Yum mardius, sejak 18 Maret lalu pihak Polresta Kota Paya kumbuh, telah menurunkan anggotanya guna mengaman kan SPBU di kota itu. “Pe ngamanan 24 jam. Dilaku kan, untuk menutup usaha penimbunan BBM, yang dila kukan oknum-oknum tak bertanggung jawab,’’ ujarnya.

Dikatakan Yummardius, kenaikan harga BBM, akan diikuti dengan kebijakan pemerintah lainnya, dengan pemberian paket-paket kompensasi kepada masyarakat golongan miskin. Kompen sasi, dikatakan, berupa ban tuan langsung sementara masyarakat (BLSM) berupa dana tunai sebesar Rp150 ribu/bulan selama sembilan bulan.

Selain itu, kompensasi lainnya berupa penambahan jumlah beras miskin, dari yang biasanya diberikan selama 12 bulan, naik menjadi 14 bulan. Kemudian, pe nambahan beasiswa untuk rumah miskin selama 6 bu lan, serta kompensasi untuk sektor transportasi, dengan tidak menaikkan harga ang kutan umum kelas ekonomi.

Sementara itu, pihak peme rintah juga akan melakukan operasi pasar, dalam me redam kenaikan harga sem bilan bahan pokok.



Share this Article on : Share

__________________________________________________________________________

0 komentar for "Wako Minta Awasi Penimbunan BBM"

Leave a reply