|

71 Kelompok Tani Dapat Hand Tractor


Limapuluhkota, Padek—Sebanyak 71 kelompok tani di Kabupaten Limapuluh Kota mendapatkan masing-masingnya satu unit hand tractor atau traktor tangan merk Yanmar TF 656 SYS-di. Bantuan dari Dinas Pertanian Tanaman Pangan Sumbar tersebut diserahkan anggota komisi II DPRD Sumbar Ilson Cong, di Nagari Taeh Baruah, Kecamatan Payakumbuh, Limapuluh Kota, Jumat (25/5) kemarin.

Sebelumnya, 24 unit dari 71 hand tractor tersebut sudah lebih dulu diserahkan aggota komisi I DPRD Sumbar, Syamsul Bahri Yahya, di Kecamatan Bukitbarisan pekan lalu. Total bantuan untuk seluruh Sumbar berjumlah 211 unit.

Menurut Ilson Cong, sebenarnya bantuan ini sudah wajar di terima petani. DPRD sudah tugasnya mengupayakan bantuan tersebut. Sehingga dari 836 jumlah kelompok tani yang ada di Sumbar atau sekitar 240 ribu petani secara bertahap bisa terbantu dengan adanya bantuan peralatan itu.

Bantuan yang dianggarkan sebesar Rp 5 miliar lebih  melalui Dinas Pertanian Tanaman Pangan Provinsi Sumatera Barat tersebut, akan mampu membantu petani untuk tetap me­ningkatkan taraf hidup dari segi kesehatan, pendidikan dan sosial. ”Jika petani sudah sejahtera, tentunya masalah kesehatan masayarakat dan pendidikan akan teratasi dengan sendirinya,” ujar Ilson.

Menurut anggota DPRD Sumbar Daerah Pemilihan (Dapil) V tersebut, bantuan ini merupakan hak masyarakat. Permintaan masyarakat diajukan melalui wakilnya di DPRD Sumatera Barat. Masing-masing kelompok tani mengajukan proposal terlebih dahulu untuk mendapatkan bantuan tersebut.
Bantuan traktor tangan untuk mengolah lahan pertanian petani melalui kelompok tani tersebar disejumlah daerah. (fd)



Share this Article on : Share

__________________________________________________________________________

0 komentar for "71 Kelompok Tani Dapat Hand Tractor"

Leave a reply