|

Jumlah Pemilih Pilwako Berkurang


Payakumbuh, Padek—Jum­lah warga Payakumbuh ya­ng wajib mengikuti Pilwako 2012, terus berkurang. Bila dalam Data Penduduk Po­ten­sial Pemilih Pemilu atau DP4 yang dise­rahkan Disdukcapil kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Januari 2012 la­lu, warga wajib pilih men­ca­pai 87.917 jiwa. Maka dalam Daf­tar Pemilih Sementara atau DPS yang dite­tapkan KPU April lalu, wajib pilih tinggal 83.947 jiwa.

Sementara, dalam Daftar Pemilih Tetap atau DPT yang disahkan dalam rapat pleno terbuka Panitia Pemilihan Ke­ca­matan (PPK), sepanjang Minggu (20/5) dan Senin (21/5) siang, jumlah pemilih ting­gal 83.837 jiwa. Angka se­ba­nyak itu dip­re­diksi masih bisa berkurang, sebab DPT tingkat Kota Paya­kumbuh baru disah­kan KPU melalui pleno ter­buka, Selasa (22/5) ini.

”Ya, besok (hari ini, red), KPU memang akan menggelar pleno terbuka, penetapan Daf­tar Pemilih Tetap tingkat Pa­ya­kumbuh. Kalau hari tadi dan ke­marin, pleno terbuka ten­tang penetapan DPT baru dila­kukan Panitia Pemilihan Ke­ca­matan,” ujar Kordinator Divisi Sosialiasi KPU Yuzalmon ke­pada Padang Ekspres, Se­lasa siang.

DPT di
Kecamatan A lot

Pantauan Padang Ekspres, rapat pleno terbuka penetapan DPT yang digelar PPK pada 5 kantor camat berbeda, ber­la­ng­sung alot dan dinamis. Di Keca­matan Payakumbuh Uta­ra, ra­pat dipimpin Ketua PPK Jhon­rizal, didampingi anggota Af­niwati, Daira Suraswati, Panca Budi Satria dan Witria Anis.

Dalam rapat yang dihadiri Camat Payakumuh Utara Nov­ri­wandi, Kordinator Divisi Sosia­lisasi KPU Yuzalmon, ang­gota Panwaslu Heidi Mur­sal, Pan­wascam, tim pe­me­na­ng­an bakal calon dan angota Panitia Pe­mungutan Suara (PPS) tersebut, PPK Pa­ya­kumbuh Utara, me­ne­tapkan jum­lah pemilih sebanyak 20.­449 jiwa. Terdiri dari 10.201 lelaki dan 10.248 wanita.

Sementara, dalam pleno terbuka PPK Payakumbuh Ti­mur, ketua PPK Andrino ber­sama anggota Karespi, Ir­fan Chanof, Neti Prayoka dan Ra­mon Saputra, menetapkan, daf­tar pemilih tetap di Pa­ya­kumbuh Timur sebanyak 16.­835 jiwa. Terdiri dari 8.155 pemilih lelaki dan 8.680 pe­milih wanita. Pe­netapan pe­mi­lih ini juga dihadiri Camat Pa­yakumbuh Yunida Fatwa.

Sedangkan, dalam rapat ple­no terbuka PPK Paya­kum­buh Selatan, ketua PPK Per­mata Budi, didampingi ang­gota Syah­rial N, Olfia Dhar­ma, I Dt Per­mato Dirajo, dan Rini Nelva Yona, menetapkan, jum­lah pe­mi­lih tetap di Keca­matan Pa­yakumbuh Selatan, se­ba­nyak 6.840 jiwa. Dengan rin­cian, 3.478 pemilih wanita dan 3.362 pemilih lelaki.

Penetapan ini disaksikan Camat Payakumbuh Selatan Elfriza Zaharman dan se­jum­lah lurah di Paya­kumbuh Se­latan. ”Dengan penetapan ini, Paya­kumbuh Selatan siap me­wu­judkan Pilwako ba­dun­sa­nak,” ujar Elfriza Za­harman yang calon camat terbaik Sumbar 2012 kepada wartawan.

Adapun di Kecamatan Pa­ya­kum­buh Baray, PPK yang dipim­pin YR Dt Parmato Di­rajo, dengan anggota Ahmad Nurhasan, Florina Meidia, Erinaldi, dan Rus­di, me­ne­tapkan DPT, se­banyak 33.118 jiwa, terdiri dari 16.782 pe­milih wanita dan 16.­336 pe­milih lelaki. Penetapan disak­­sikan, Camat Payakumbuh Barat Edvidel Arda.

Sementara itu, PPK Lam­posi Tigo Nagari, menetapkan DPT sejak Minggu (20/1). Me­nurut Camat Lamposi Tigo Nagari Mardius, PPK yang ter­diri dari M Israk, Beni Wan­dri, Zul­hin­dra, Zulwitra dan Noni Syawelli, menetapkan pemilih di Lamposi Tigo Na­gari, sebanyak 6.595 jiwa. Terdiri dari 3.278 pe­milih wanita dan 3.313 pe­milih le­laki. (frv)



Share this Article on : Share

__________________________________________________________________________

0 komentar for "Jumlah Pemilih Pilwako Berkurang"

Leave a reply