|

402 Qori-Qoriah Bertarung. Gubernur Buka MTQ ke-35


Limapuluh Kota —Sebanyak 402 qori-qoriah mengikuti Musabaqah Tila­watil Quran (MTQ) ke-35 ting­kat Kabupaten Limapuluh Ko­ta di Kecamatan Luak, mulai Senin (25/6) sampai Kamis (28/6) mendatang. Sebelum berlomba pada 11 tempat yang sudah dipersiapkan, para qo­riah-qoriah bersama ribuan ma­syarakat mengikuti acara pembukaan MTQ di lapangan Merah, Nagari Andaleh.

Acara pembukaan yang dihadiri Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, Bupati Lima­pu­luh Kota Alis Marajo, Wakil Bupati Limapuluh Kota Asyir­wan Yunus, anggota DPRD Sum­bar Syamsul Bahri Yahya, Wakil Ketua DPRD Limapuluh Kota Safarudin Dt Bandaro Rajo dan sejumlah pejabat tersebut, berlangsung sangat meriah.

Sebelum pembukaan ber­lang­sung, ribuan qori-qoriah, offisial, dewan hakim, ma­sya­rakat dan pelajar, sempat me­ngi­kuti pawai taaruf atau pa­wai perkenalan.

Pembukaan MTQ ke-35 juga diwarnai dengan penam­pi­lan tarian massal, tari pa­sam­bahan dan paradedrumb band yang melibatkan anak-anak muda dari sejumlah se­ko­lah dan 4 nagari di Ke­ca­ma­tan Luak, yakni Nagari An­da­leh, Nagari Sikabu-kabu Tan­juang Haro Padang Panjang, Na­gari Mungo dan Nagari Sungaikamuyang.

Gubernur berharap, MTQ ke-35 Kabupaten Limapuluh Kota, dapat menjadi salah satu bentuk penyampaian nilai-nilai Al Quran ke tengah ma­syra­kat. ”Dengan MTQ ini kita ha­rapkan, terbentuk ma­sya­ra­kat berakhlak mulia yang da­pat meningkatkan pemba­ngu­nan di daerah kita,” kata Irwan.

Bupati Limapuluh Kota Alis Marajo menyebut, MTQ ke-35 merupakan wujud da­ri program Pemkab Li­ma­puluh Kota bersama segala unsur masyarakat, dalam me­­ning­kat­kan kualitas hi­dup ma­sya­rakat di bidang agama. “MTQ juga digelar untuk me­wu­jud­kan nilai-nilai luhur yang ada di da­lam Al Quran,” kata Alis.

Pada MTQ ke-35 ini, kata ketua panitia, Desembri P Chaniago, digelar 12 cabang perlombaan mulai dari anak-anak sampai dewasa. Yaitu, Tilawatil Quran, Hifzil Quran, Fahmil Quran, Syahril Quran, Khutbah Jumat dan Azan, Kitab Standar, Bintang Ka­sidah dan kisah Nabi, Asmaul Husna, M2KQ, Tilawah Ta­man Kanak-kanak, Tartil Quran. 



Share this Article on : Share

__________________________________________________________________________

0 komentar for "402 Qori-Qoriah Bertarung. Gubernur Buka MTQ ke-35"

Leave a reply