|

F-WAN Minta Dikawal Niniak Mamak. Bubarkan Relawan, Bentuk NCC


Payakumbuh-Today.com, Payakumbuh —Pasa­ngan calon wali kota dan wakil wali kota terpilih, Riza Falepi-Suwandel Muchtar atau F-WAN, meminta kepada niniak mamak pemangku adat pada 8 nagari di Kota Pa­yak­um­buh, agar dapat mengawal ke­pemimpinan mereka lima tahun mendatang.

Permintaan itu disampaikan Riza Falepi dan Suwandel Muchtar secara berbarengan, saat Riza Falepi dalam kapasitasnya sebagai anggota DPD RI menggelar so­sialiasi 4 pilar berbangsa di Rumah Gadang Kampai, Pasukuan Limo Nan Tujuah, Nagari Koto Nan Gadang, Payakumbuh Utara, Ju­mat (14/9) siang.

“Kalau kami melenceng dari rel aturan dan kepatutan, mohon selalu diingatkan. Kami juga me­mohon dukungan dari niniak ma­mak, alim ulama, cadiak pandai, bun­do kanduang dan masyarakat adat pada 8 nagari. Basamo awak bangun Payokumbuah,” kata Riza Falepi didampingi Suwandel Muc­h­tar.

Pada bagian lain, pria kelahiran Payakumbuh 17 Juni 1970 itu mengatakan, visi yang diusungnya saat kampanye pemilihan kepala daerah Juli lalu yakni “Ter­w­u­judnya Payakumbuh menjadi Kota yang Maju, Sejahtera dan Religius, Pro-Rakyat, berbasis Ilmu Penge­tahuan dan Pendidikan yang Ber­lan­daskan adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabbullah,” se­be­narnya mengakomodir harapan masyarakat adat.

“Melalui visi tersebut, saya bersama Pak Wandel, ingin me­la­kukan revitalisasi dan mem­ber­da­yakan kelembagaan masyarakat lokal, termasuk memaksimalkan fungsi niniak mamak, kerapatan adat nagari dan bundo kanduang,” kata  Pengurus Pusat Ikatan Alum­ni ITB dan  Perhimpunan Petani-Nelayan Sejahtera Indonesia ini.

Dalam acara yang dihadiri ratusan niniak mamak dari 8 na­gari di Kota Payakumbuh, ter­utama Nagari Koto Nan Gadang dan Koto Nan Ompek tersebut, Riza Falepi bersama Suwandel Muchtar secara resmi, mem­bu­bar­kan Relawan Anak Nagari Nagari Payokumbuah yang banyak mem­bantu mereka dalam pemilihan ke­pala daerah.

Sebelum membubarkan Re­la­wan Anak Nagari Payokumbuah berita Duta F-WAN, Riza Falepi dan Suwandel Muchtar me­nyam­pai­kan banyak terimakasih ke­pada para relawan dan Duta F-WAN. 

“Tetaplah mengawal ja­lannya pemerintahan dan pem­ba­ngunan. Ingatkan kami, kalau lupa dan salah,” ucap Suwandel.

Setelah dibubarkan, Relawan Anak Nagari Payokumbuah, me­nu­rut ketuanya Anton Permana, tidak akan dibiarkan terserak begitu saja. “Para relawan, setelah ini akan membentuk Nagari Community Center (NCC), untuk me­nga­wal program dan kebijakan F-WAN,”  sebut Anton didampingi pembina relawan Haji Zul Aidi.



Share this Article on : Share

__________________________________________________________________________

0 komentar for "F-WAN Minta Dikawal Niniak Mamak. Bubarkan Relawan, Bentuk NCC"

Leave a reply