|

Pemuda Pelopor Sumbar Pilih Wirausaha Ketimbang PNS


Payakumbuh-today.com- Payakumbuh
Utusan Sumatera Barat pada lomba Pemuda Pelopor Tingkat Nasional Ayu Meidia Sari mengaku tidak tertarik menjadi pegawai negeri sipil (PNS) karena prospek ekonomi sebagai wirausahawan jauh lebih bagus dari pada menjadi aparatur pemerintah.

"Status PNS memang menjadi salah satu lowongan kerja yang paling diinginkan banyak orang, termasuk saya ketika baru tamat kuliah, namun setelah menekuni bidang wirausaha biarpun ditawarkan saya tidak ingin lagi menjadi PNS," kata Ayu saat membagi ilmunya tentang peternakan itik kepada sejumlah warga di kediamannya Kelurahan Koto Baru Payobasung, Kota Payakumbuh, Jumat (5/10).

Menurut dia, selepas menamatkan studi di Fakultas Peternakan Unand tahun 2007 lalu, dia sempat dua kali mengikuti tes CPNS. Namun tidak lulus, sehingga Ayu memutuskan bergelut di bidang wirausaha bidang budidaya ternak itik.

"Di bidang ini, sejak awal merintis usaha kita telah menjadi tuan untuk usaha kita sendiri. Kita bisa mengambil keputusan sendiri terkait usaha yang kita jalankan. Berhasil atau gagal kita pula yang akan menikmatinya. Inilah daya tarik menjadi wirausahawan yang tidak dimiliki PNS,"kata juara pertama Pemuda Pelopor Sumatera Barat tahun 2012 bidang kewirausahaan ini.

Terkait usaha peternakan itik miliknya yang telah menginspirasi banyak orang di lingkungan tempat tinggalnya di Kelurahan Koto Baru Payobasung, maupun di Kota Payakumbuh, Ayu mengatakan perkembangannya sangat positif.

"Saya bersama sejumlah masyarakat yang tergabung dalam beberapa kelompok tani mulai memfokuskan diri pada beberapa bidang usaha, di antaranya pembibitan menggunakan mesin penetas telur buatan sendiri, peternakan itik betina petelur dengan sistem kandang, dan peternakan itik jantan untuk pedaging," katanya.

Camat Payakumbuh Timur, Yunida Fatwa mengatakan, Ayu telah mampu mempelopori masyarakat sekitar untuk mengikuti jejaknya menjadi pengusaha peternak itik.

"Dia juga mau memberikan ilmu secara gratis kepada masyarakat yang datang membeli bibit, agar menjadi peternak itik yang baik," katanya.

Yunida menambahkan, usaha Ayu tersebut juga telah mampu memberikan peningkatan kesejahteraan bagi warga sekitar. (antara)



Share this Article on : Share

__________________________________________________________________________

0 komentar for "Pemuda Pelopor Sumbar Pilih Wirausaha Ketimbang PNS"

Leave a reply